Dampak Buruk Bermain Clash of Clans (COC)

Dampak Buruk Bermain Clash of Clans (COC)

Kali ini saya mau bahasa game yang paling banyak menyita waktu gw, sampe lupa makan, lupa belajar, dan lupa tidur yap yaitu COC taulah singkatannya. game strategi yang sangat populer belakangan ini, saya gak akan jelasin gamenya seperti apa, intinya lu yang baca ini pasti tau itu game apa.
Walaupun bermain COC cukup mengasikkan, ternyata ada dampak buruk yang kamu terima saat kamu bermain Clash of Clans terus-terusan. Sebelum hal terburuk terjadi, lebih baik kamu berhenti main Clash of Clans dan jangan install Clash of Clans di smartphone kamu kalo gak mau kena penyakit 'coc addict' :v.
 

1. Hidup tidak tenang

  


Percaya atau tidak, orang yang sudah kecanduan Clash of Clans pasti tidak akan mudah lepas dengan gadgetnya. Orang yang kecanduan Clash of Clans akan terus menerus memainkan COC-nya entah cuma ngechat diclan atau di global chat atau mungkin dengan ngeklik-ngeklik ga jelas base miliknya sendiri, apalagi jika base tersebut tidak memiliki Shield, memiliki loot banyak, ada di liga yang tinggi, dan juga builder dikit lagi selesai nukang. Orang tersebut mungkin akan berpikir seperti ini: "kalo gw keluar pasti diserang habis-habisan nih?", "dirampok banyak gak ya?", "builder masih lama lagi selesainya" , dan masih banyak lagi pokoknya waktu 12 jam jadi g berasa, karena mikir "wah gw upgrade dari jam 9 pagi nnti jam 9 malem kelar", nah pikiran itu berulang ulang dan terjadi terus, berjam-jam bahkan berhari-hari jadi sama sekali ga berasa.

2. Bergantung dengan Listrik

Dampak Buruk COC 2

Orang yang kecanduan bermain Clash of Clans juga tidak akan bisa berlama-lama jauh dari sumber listrik. Dengan membuka Clash of Clans terus-menerus, secara otomatis baterai smartphone akan habis dengan cepat. Percaya atau tidak, pemain yang sudah kecanduan pasti memiliki Powerbank dengan kapasitas besar untuk melakukan charging entah di rumah, di sekolah maupun di tempat kerja untuk berjaga-jaga kalau listrik mati atau ga ada colokan, bahkan tidak sedikit juga pemain CoC yang memiliki banyak gadget agar lebih mudah bermain jika baterai salah satu gadget miliknya habis.

3. Penyakitan


Dampak buruk yang bisa kamu terima saat bermain CoC terus menerus adalah memiliki berbagai macam penyakit. Salah satu penyakit yang banyak diderita pemain Clash of Clans akibat terus-terusan bermain hingga lewat jam tidurnya adalah Insomnia, tau sendirikan apa itu Insomnia jadi ga perlur saya jelaskan secara detail, Penyakit Insomnia akan menyebabkan pengidapnya memiliki kondisi tubuh yang tidak fit. Pas paginya badan jadi loyo, ngantuk, dan akhirnya pusing bro... true story
Selain penyakit Insomnia, ada juga penyakit lain yang biasanya diidap pemain Clash of Clans, yaitu penglihatan terganggu, kelainan postur tubuh, dan masih banyak lagi.

4. Antisosial

Dampak Buruk COC 4
Dampak buruk bermain Clash of Clans terus menerus selanjutnya adalah membuat banyak pemainnya tidak peduli dengan orang di sekitar. Sama seperti poin pertama tadi, orang yang kecanduan Clash of Clans tidak akan bisa lepas dari gadget dan membuka Clash of Clans-nya terus menerus. Contohnya sederhananya adalah saat sedang reuni, si pecandu CoC akan lebih fokus memainkan CoC nya daripada berbicara, bersalam-salaman bahkan bercanda dengan teman di sebelahnya. Percayalah anda jadi seperti orang tulul karena acuh dengan orang-orang sekitar anda

5. Boros


Ini adalah masalah cukup serius yang pasti dialami banyak pemain Clash of Clans. Di dalam game Clash of Clans, semakin besar Town Hall-nya, maka pengguna akan semakin lama menunggu pembangunan selesai. Selain waktu tunggu yang lama, jumlah resource (elixir, gold, dan dark elixir) yang dibutuhkan tidaklah sedikit.
Untuk mempersingkat waktu pembangunan dan juga mendapatkan banyak resource dalam waktu singkat, pengguna bisa menggunakan mata uang bernama Gems yang bisa dibeli dengan uang asli. Namun, Harga Gems Clash of Clans cukup mahal di Indonesia. Belum lagi jika beli Gems dengan pulsa, kamu akan dikenakan PPN (Pajak Pertambahan Nilai) sebesar 10%. Belum lagi ada kasus yang beli gems sampai jutaan, bahkan ada anak pejabat sampai beli gems 100jutaan kan gila bener.

baca juga : 

Ya intinya sih menurut gw kalau main ginian imbangin aja sambil nunggu upgrade selesai yang berhari-hari itu, lu manfaatin waktu lu sebaik - baiknya bukan manfatin waktu lu buat nyolong gold atau elixir emang bisa lu jual gold sama elexir itu ? Mungkin hanya Itu dampak buruk bagi pemain Clash of Clans. Jika kamu punya dampak buruk lainnya, kamu bisa share di komentar dibawah ini.

2 komentar

avatar
× This comment has been removed by the author.
avatar
× This comment has been removed by the author.