Pengaturan Handphone Android

Pengaturan Handphone Android
Pengaturan android,banyak sekali menu didalamnya,dari mulai pengaturan nirkabel dan jaringan,pengaturan Pribadi,pengaturan akun,pengaturan perangkat,dan pengaturan system.
Umumnya isi menu dari pengaturan di ponsel android seperti itu.Mari kita bahas satu persatu.

Pengaturan Nirkabel dan Jaringan Ponsel Android


Pada menu paling atas biasanya menu pertama itu Pengaturan nirkabel dan jaringan,isi menu ini terdapat pengaturan wifi,bluetooth,Penggunaan data Sim Setting,Pengaturan panggilan,dan selengkapnya.Lihat gambar di bawah ini agar lebih paham,

pengaturan hp android - http://ainkmadeingandaria.blogspot.com

Kita Bahas Satu Persatu

Pengaturan Wifi

Untuk terhubung dengan jaringan wifi kita hidupkan wifi pada posisi on,Terkadang para pengguna android kadang berbagi jaringan dengan berbagi hotspot,cara setting dan menghidupkan hotspot pada ponsel android di jelaskan di bawah.
Setelah alamat wifi di temukan silahkan klik dan anda diminta memasukan password,lalu sambungkan.

Pengaturan Bluetooth

Bluetoot memungkinkan kita terhubung dengan ponsel lainnya untuk mentransfer file,gambar,foto aplikasi mentah dan lain-lain.untuk aplikasi yang di download lewat Playstore tidak bisa berbagi dengan bluetooth.Caranya:
Aktifkan bluetooth > Klik tidak terlihat menjadi terlihat oleh perangkat bluetooth lain > siap menerima file kiriman teman
Jarak untuk mentransfer lewat bluetooth ini jangan terlalu jauh,biasanya maksimal 10 meter,tp tergantung jenis dan merk ponsel android anda.

Penggunaan Data

Menu penggunaan data di hape android berfungsi untuk memantau data pemakaian pada ponsel android kamu,kita bisa mengatur peringatan batas data penggunaan dengan menarik ke atas garis target ke atas atau ke bawah,di menu ini anda juga bisa melihat penggunaan data paket perhari,dan anda juga bisa melihat penggunaan data yang paling besar digunakan oleh aplikasi apa saja.

Sim Card setting

Dimenu sim card setting terdapat informasi sim anda,di menu ini anda juga bisa menonaktifkan sim,selain di menu modus terbang.

Pengaturan Panggilan

Pada menu ini biasa terdapat pengaturan-pengaturan untuk panggilan seperti Block panggilan,pengaturan nada dering,pengaturan getar,penerusan panggilan,Nada sentuh dial pad,perekam panggilan.
Anda bisa setting bagian ini terserah anda mana yang anda ingin rubah.

Menu Selengkapnya Pada android

Pada menu selengkapnya terdapat beberapa pengaturan seperti Mode pesawat,Penambatan hotspot portable,VPN,Jarinagn seluler.

Mode pesawat

Mode pesawat berfungsi untuk menonaktifkan semua sambungan dan jaringan,mode ini bisasa di gunakan saat anda berada di dalam pesawat terbang,karena signal hape dapat mengganggu signal pesawat,jadi alangkah baiknya mencegah dan aktifkan mode ini saat anda dalam pesawat terbang.

Penambatan Hotspot Portable

Penambatan Hotspot portable ini berfungsi untuk berbagi jaringan data dengan hotspot,anda bisa berbagi koneksi data dengan teman,kerabat,saudara atau siapaun dengan mengaktifkan mode ini.
Anda bisa mengubah Nama Hotspot dan password hotspot sesuai keinginan anda caranya dengan mengklik menu "siapkan hotspot Wi-fi".
Di menu ini juga ada penambatan sambungan data dengan bluetooth caranya menyambungkan dengan perangkat lain syarat kedua perangkat bluetooth sudah tersanding,kemudian ceklis penambatan jaringan dengan bluetooth.dan anda akan terkoneksi dengan teman anda.

Setting VPN Android

Memang cara setting Vpn ini terlihat begitu mudah,namun bagi sebagian orang setting VPN ini sangat begitu susah.Saya akan berikan Ritual nya untuk setting VPN dengan menggunakan PPTP VPN gratis,anda bisa menggunakan Config Open VPN sekolahan anda,kantor anda,atau pun di kampus anda.
Ikuti Ritualnya yuk,
Klik Menu VPN ,Pilih setup/edit VPN profil.Isi nama VPN untuk koneksi baru,untuk isis nama ini lebih baik sedikit sama dengan server VPN nya,agar kita tau server yang man yang akan kita aktifkan.Pilih jenis PPTP,kemudian isi alamat server nya sesuai penyedia yang akan anda gunakan.Lalu anda centang Enkripsi untu mengaktifkan kemudian simpan.Dan siap untuk digunakan.

Untuk mempermudah mengatur VPN pada handphone android anda bisa menggunakan aplikasi yang bisa anda dapatkan di playstore namanya OpenVPN for Android

Jaringan Seluler

Pada menu jaringan seluler ini terdapat beberapa pengaturan seperti Data aktif,roaming data,Acces point Name,Jenis jaringan Dan operator Jaringan.



Pengaturan Perangkat Android

Pada pengaturan perangkat ini terdapat beberapa menu,diantaranya

  • Mode praktis
  • Beranda
  • Suara
  • Tampilan
  • Penyimpanan
  • Baterai
  • Aplikasi
  • Power Management

Contoh Gambar

Trick android - http://ainkmadeingandaria.blogspot.com



Mode Praktis

Di dalam mode praktis terdapat switch on/off.Mode ini berfungsi untuk mempermudah jelajah aplikasi di ponsel kamu dengan menambahkan secara manual mana aplikasi yang penting atau yang berguna terdapat di halaman depan ponsel.

Beranda

Pada menu ini hanya terdapat pada beberapa ponsel tertentu saja,sebagian banyak ponsel android tidak mempunyai menu beranda ini.jadi saya tidak akan jelaskan dengan teliti pada Menu Beranda android ini.

Pengaturan Suara

Pada pengaturan suara di onsel android ini memungkinkan anda bisa mensetting Volume suara,setting nada dering Ponsel,mengatur mode getar,Mengatur Nada pemberitahuan seperti nada mail,celendar alert,dan pada menu pengaturan suara ada pengatuiuran sistem suara nada sentuh,suara sentuh,suara saat kunci layar,Dan mode getar saat di sentuh.

Pengaturan Tampilan Android

Didalam menu Pengaturan tampilan pada nadroid terdapat pengaturan kecerahan Layar ponsel,Mode rotasi untuk layar,Mode tidur,Ukuran front,dan pengaturan wallpaper tampilan depan ponsel android.
Saran saya untuk ponsel android gunakan mode kecerahan auto,karena bila terlalu cerah akan dapat menguras baterai ponsel android anda.

Penyimpanan

Pada menu penyimpanan didalam nya terdapat data ruang terisi dan ruang kosong ,baik penyimpanan internal dan penyimpanan eksternal/penyimpanan di SD card.
Hati-hati bila anda akan mencabut sd card,jangan langsung di cabut karena bisa membuat sd card anda cepat rusak dan memungkinkan sebagian data anda bisa jadi corupted.Jadi apabila anda akan melepas sd card lebih baik lewat menu ini dengan mengklik "lepaskan kartu SD"bila sudah ada pop up pemberitahuan "Baru anda lepas dengan aman.

Baterai

Menu Baterai didalamnya terdapat flow pemakaian baterai,anda bisa menampilkan persentase baterai anda di sini dengan mencentang "show battery percentage".
Disini juga anda bisa tahu untuk berapa lama lagi baterai anda bertahan untuk segera di charge ulang.

Aplikasi

Menu ini berfungsi untuk mengontrol besar kecilnya kapasitas yang digunakan ponsel android anda,apabila anda menjumpai aplikasi yang kapasitas pemakaian memory terlalu besar,dan aplikasi tersebut tidak begitu berguna buat anda maka sebaiknya anda hapus saja pada menu ini.
Dan untuk menghapus sebuah aplikasi anda diharuskan mengosongkan cache,mengosongkan data,lalu boleh anda menghapus pengistalan,supaya ponsel anda selalu bersih dari cache-cache sampah.

Pengaturan pribadi Android

Pengaturan pribadi mencakup menu-menu keamanan,lock screen dan lain-lain,
Di menu lockscreen anda bisa merubah kunci layar depan anda dengan berbagai mode,diantaranya mode geser,mode password,mode pin angka,mode unlock face bagi yang punya kamera depan.

Bahasa & masukan
Menu Bahasa dan masukan didalamnya terdapat beberapa pengaturan antara lain
pengaturan Bahasa
Anda bisa setel bahasa dalam ponsel android kamu.
Pengaturan Keyboard
Pengaturan keyboard biasa terdapat dua pengaturan papan keyboard antara lain pengaturan keyboard Bawaan ponsel,dan keyboard pengetikan google voice.
Di pengaturan keyboard bawaan kamu bisa setting dengan mengklik gambar gear,dan bahasa input apa yang akan kamu masukan di dalam papan ketik ponsel kamu,terdapat semua bahasa dari mulai bahasa default,indonesia,arab,china,thai,dan lain-lain.
Pengaturan referensi
Pada pengaturan ini kamu bisa setting Bergetar saat tombol ditekan,berbunyi saat tombol di tekan,Ukuran papan ketik(keyboard),Kamus Pribadi dan lain-lain,bila anda bingung,di menu paling bawah biasanya ada menu tutorialnya.
Pengaturan text to speech
Bagaimana pengaturan text to speech?Untuk pengaturan text to spech,hanya beberapa jenis merk saja yang mempunyai fitur ini,memang semua android mempunyai fitur Text to speech,tapi harus mendownload mesin text to speech.Dan untuk saat ini text to speech tidak mendukung bahasa indonesia,saat ini hanya mendukung beberapa bahasa saja seperti inggris,italy,francis.anda download dan coba tes text to speech nya dan sesuaikan saja suara anda dengan bahasa,sesuaikan mirip dengan bahasa kita,apa pakai inggris kah,atau pakai italy kan,coba kamu pilih dan experiment sendiri.