Pengertian Leader, Co-leader, Elder, dan Member dalam COC

Pengertian Leader, Co-leader, Elder, dan Member dalam COC


Dalam clan COC, kita pasti mengenal beberapa macam keanggotaan, antara lain member, elder, co-leader, dan yang tertinggi adalah leader. Tapi apakah kita tau pengertian dari status keanggotaan tersebut dalam clan ? berikut wongtamfan akan membahas

1. Leader
Leader dalam game COC bisa dibilang pemimpin atau ketua clan. Status leader bisa didapat dengan membuat clan atau dapat diberikan oleh leader yang lama. Dengan kata lain, pemain yang membuat clan baru di COC bisa langsung menjadi leader
Dengan menjadi leader, pemain bisa send mail,  invite pemain lain untuk gabung ke dalam clan-nya. Jika ada pemain lain yang ingin gabung, leader bisa menyetujui atau menolak permintaan tersebut. Leader juga bisa kick dan demote semua anggotanya. Selain itu, keistimewaan leader lainnya yaitu bisa memulai clan war.
Bagaimana jika ingin mengangkat status keanggotaan pemain dalam clan? Jika ada anggota clan yang ingin dijadikan elder, co-leader atau bahkan bisa jadi leader, hal itu bisa dilakukan oleh leader. Begitu pula sebaliknya, leader bisa membuat anggota clan berstatus co-leader menjadi elder, bahkan member. Bukan cuma itu, leader juga bisa mengeluarkan anggota clan, tak peduli apakah itu co-leader, elder, apalagi member.
Dalam satu clan, hanya ada 1 leader. Maka dari itu, leader tidak dianjurkan untuk mengangkat anggota clan menjadi leader. Karena hanya ada 1 leader, mantan leader bisa turun tingkat menjadi co-leader. Setelah mengangkat anggota clan menjadi leader, langkah ini tidak bisa dibatalkan.


2. Co-leader
Co-leader merupakan perwakilan dari leader. Dengan kata lain, co-leader adalah wakil.
Co-leader bisa membuat anggota berstatus member menjadi elder, begitu pula sebaliknya. Co-leader bisa mengangkat anggota menjadi co-leader tp tidak bisa men-demote sesama co-leader :v
Seperti halnya leader, co-leader bisa memulai perang clan (clan war)


3. Elder
Elder merupakan anggota biasa dengan beberapa keistimewaan. Misalnya, elder bisa menerima (accept) atau menolak (reject) request pemain yang ingin gabung ke clan. Elder juga bisa mengeluarkan anggota clan berstatus member.

4. Member
Member merupakan jenis keanggotaan dalam clan yang tidak memiliki hak istimewa dalam clan. Member adalah jenis keanggotaan yang disandang oleh pemain ketika baru bergabung ke dalam clan. Bukan hanya itu, anggota clan yang keluar kemudian gabung lagi ke clan tersebut, maka statusnya menjadi member. Misal, sebelumnya A berperan sebagai co-leader dalam suatu clan, kemudian A keluar, lalu gabung lagi ke clan tersebut, maka si A kembali menjadi anggota berstatus member.