Backup Data Smartphone Android

Backup Data Smartphone Android
Bagaimana cara backup data smartphone android
Blog Tutorial - Mungkin anda sudah lama memegang smartphone OS Android, Anda juga mungkin sering mem backup data dan anda juga mungkin pernah menggunakan mode Factory Reset pada smartphone Android anda.Menurut saya backup data smartphone anda sangat penting, karena anda tidak akan kehilangan data - data pada smartphone anda, seperti Foto, video, atau catatan - catatan penting yang anda punya.

How to backup data in smartphone android
img: Backup data

Terkadang kebanyakan orang pada saat mode Factory reset di ponselnya tidak pernah membackup data nya,dan alhasil mereka pun harus mendownload ulang apps android nya.

Mungkin kita lupa backup data nya, atau mungkin karena kesengajaan.

Nah kali ini saya akan membagikan tips Android dua cara membackup data pada smartphone android anda.

Backup data dengan Google Backup

Google telah melihat hal itu, dan google pun dengan gratis menyediakan layanan untuk membackup data pada ponsel android anda, Mode google backup sudah tersemat pada ponsel android, jadi anda tidak perlu repot lagi untuk mendownload apps android pihak ketiga.

cara backup data smartphone
Google backup data

Untuk lebih detail lihat gambar diatas. Apabila anda akan backup data menggunakan google backup anda tinggal pergi ke halaman pengatiran pada ponsel android anda, cari Backup & reset. Disini anda akan menemukan perintah Cadangkan data anda termasuk preferensi dan app data. Semua data anda akan disimpan dikaitkan dengan akun anda, dan anda pun dapat secara otomatis mengembalikan data anda semuanya.

Backup data dengan aplikasi App backup ( non rooted )

Cara yang kedua untuk membackup data penting pada ponsel android anda adalah dengan menggunakan aplikasi android yang bernama Easy Backup & Restore. Anda bisa mendownload nya dilink berikut Download free Easy Backup & Restore Apk

Tutorial cara backup dengan easy backup & Restore

  • Download apps Easy Backup & restore
  • Buka aplikasi Easy Backup & Restore, anda akan ditanya " Do you want to create backup now " Anda tekan saja Yes.
  • Selanjutnya akan ada menu Backup, anda tinggal centang saja apa saja yang ingin nada backup lalu selanjutnya teka OK.
  • Anda akan di minta dimana anda akan menyimpan data backup ponsel anda, pilih salah satu diantaranya SD Card, Gmail, DropBox, Google Drive, One drive, dan Box. Anda pilih salah satu dimana anda akan menyimpan file backup anda, lalu selanjutnya tekan OK.
  • Untuk mempermudah pencarian anda nanti pada saat akan restor data anda sebaiknya ganti nama file data backup dengan nama yang mudah anda ingat dan lalu tekan OK.
  • backup data pada android and mulai berjalan, tunggu sampai backup selesai, dan ada notifikasi backup complated Successfylly!
  • Jika anda ingin mengembalikan data anda yang sudah dibackup tadi anda tekan saja menu  restore pada aplikasi Easy backup & restore anda.
  • Lihat gambar dibawah ini.
cara mudah backup dan restore data pada android
 Easy backup & restore
  • Centang pada kotak disamping beberapa piliha aplikasi atau data yang ingin anda kembalikan.Anda dapat mencentang aplikasi anda yang ingin dikembalikan dan kemudian tekan Install.
  • Selesai data anda pun kini sudah kembali lagi pada smartphone android anda.

Hanya itu saja yang dapat saya bagikan saat ini, semoga tutorial - tutorial yang saya bagikan pada blog tutorials ini semoga bermanfaat untuk anda.