Cara Mengatasi Website Blank Putih dan Tidak bisa Masuk Wp Admin

Cara Mengatasi Website Blank Putih dan Tidak bisa Masuk Wp Admin
Ada banyak faktor yang menyebabkan sebuah website menjadi blank dan tidak bisa diakses sama sekali. Website yang dimaksud disini adalah website berbayar bukan gratisan (Wordpress.com atau blogspot.com) karena website gratisan sangat aman dan hosting website selalu stabil. Sebuah website terdiri atas dua komponen utama yaitu domain dan hosting, kedua komponen ini bisa sama-sama menyebabkan sebuah web menjadi blank atau tidak bisa diakses namun seringnya masalah yang timbul disebabkan karena di hosting untuk domain biasanya karena jatuh tempo pembayaran domain sudah berakhir dan belum diperpanjang. 

Untuk masalah yang timbul di hosting masalah yang ditimbulkan juga sangat beragam, pada artikel kali ini saya akan membahas penyebab blank sebuah website atau blog disebabkan karena masalah Plugin dalam sebuah website. Masalah ini sebetulnya menimpa sendiri pada blog klien saya, dan benar prediksi awal bahwa masalah ada pada plugin yang tidak support lagi. Sebelum membahas lebih lanjut mengenai pemecahan masalah ini akan saya bahas dulu tentang hosting karena ini sangat penting untuk membantu Anda memecahkan masalah yang nantinya akan terjadi.

Memilih hosting yang bagus dan berkualitas tentu akan sangat membantu Anda dalam mengatasi problem seputar website yang bermasalah. Pada awal Saya memiliki sebuah blog atau website dengan selft hosting (hosting berbayar) dari membeli ke penyedia hosting dari luar negeri. Seperti diketahui hosting dari luar negeri memiliki kelebihan bila hosting dalam negeri, meskipun tidak semuanya kenapa demikian karena saya sudah membuktikan sendiri, hosting dari luar negeri yang saya beli hanya bertahan 6 bulan karena perusahaan penyedia jasa hosting tersebut kemungkinan besar bangkrut dan perusahaan tidak bertanggung jawab sama sekali. Alhasil website tidak bisa dibuka karena database juga hilang. 

Bagus dan tidaknya sebuah hosting banyak pertimbangannya, yang utama adalah tidak sering down atau tidak bisa diakses dan yang lebih penting customer service dapat melayani dalam 24 jam jika terjadi gangguan setiap saat. Jika sebuah website utamanya toko online down dalam sehari maka bisa dipastikan akan terjadi penurunan penjualan untuk itu customr service penyedia domain harus bisa melayani setiap saat.

Saya akui sejak awal menggunakan hosting tidak pernah sekalipun menggunakan jasa penyedia hosting dalam negeri, alasannya hanya pada jumlah space dan bandwith yang disediakan oleh hosting dalam negeri lebih sedikit dengan harga yang lebih mahal. Alasan menggunakan hosting luar negeri lainnya adalah customer mereka juga cepat tanggap melayani walaupun beda negara yaitu di Amerika dan setiap 24 jam bisa dihubungi. Pembahasan tentang hosting yang bagus nanti akan saya bahas pada artikel berikutnya, kembali ke pokok dari artikel ini.

Kasus yang saya alami disini adalah website teman / klien saya mendadak tidak bisa diakses baik website maupun wp admin dan tampilan website menjadi putih tidak ada tulisan sama sekali. Gambarnya seperti dibawah ini.



Apa yang perlu dilakukan jika mengalami kejadian seperti gambar diatas, jangan panik dan tetep santai. Simak langkah-langkah mengatasi nya berikut ini.

Jika Website tidak bisa diakses diatas seperti penjelasan sebelumnya disebabkan pluginnya rusak atau sudah tidak diperbaharui lagi oleh pembuatnya. Jadi dalam hal ini Anda harus masuk ke Cpanel hosting yang Anda miliki karena login Wp-admin juga tidak bisa.  Setelah login langkah berikutnya cari menu File Manager dari cpanel hosting Anda, letak Cpanel mungkin akan berbeda dari jenis hosting tertentu.


Selanjutnya pilih saja database sesuai dengan domian yang bermasalah, selanjutnya pilih atau cari menu Wp-Content dan temukan menu Plugins. 




Pada folder plugins ganti nama folder menjadi plugins.bak. untuk menganti nama folder atau rename caranya klik kanan pada folder kemudian pilih saja rename. Coba reload website Anda sudah bisa terkases atau belum, jika sudah langkah berikutnya adalah mengembalikan plugin seperti semula. Mengubah plugin menjadi .bak artinya adalah menonaktifkan semua plugin yang ada di websit anda.

Jika website masih belum terakses coba hapus plugin yang terkahir diinstal, untuk melihat plugin yang terakhir diinstal adalah lihat pada bagian detail plugin dengan mengklik folder plugins, jika sudah ketemu hapus plugins yang terakhir diinstal. Reload kembali website Anda sudah bisa apa belum.

Jika website sudah kembali normal lagi dan plugin yang sudah bermasalah sudah dihapus kembalikan lagi plugins yang sudah diinstal sebelumnya dengan cara mengubah kembali nama folder plugins.bak menjadi plugins. Proses selanjutnya masuk ke Wp-admin di wordpress Anda, aktifkan plugin yang Anda miliki satu persatu. ketika folder plugins dalam Cpanel direname maka secara otomatis plugin tersebut akan dalam posisi tidak aktif dan perlu diaktifkan satu persatu.

Website Anda sudah kembali normal, perlu diingat instal plugin yang memang hanya dibutuhkan saja dan kidibilitasnya baik dengan ranting atau download yang banyak, jika plguins bermasalah bisa mengganti dengan plugin jenis lain namun masih setipe. Jika Anda mengalami kesulitan silahkan tinggalkan komentar.